1. 1. Master Karyawan
Input data karyawan adalah langkah awal dalam penyusunan yang dinamakan Master Karyawan dimana karyawan adalah awal dan sumber terjadinya transaksi simpan atau pinjam.
1. Pada Lembaran sheet1 buatlah table dengan judul Master Karyawan seperti contoh diatas yg terdiri dari ;
No, Kode, Nama, Alamat, Devisi, Lk/Pr
Setelah judul dibuat sorot lah baris judu A3 … F3 dan klik menu insert pilih table lalu centang pilih My Table has headers klik Ok
Khusus kolom Lk/Pr yg berfungsi sebagai data validasi 2 pilihan yaitu Lk ( laki2) Pr ( Perempuan) pindahkan kursor di posisi Kolom tersebut selanjutnya Klik menu Data lalu Klik Validasi yg berada disebelah kanan nya dan ikuti langkah-langkah seperti contoh dibawah ini
Untuk membuat isian Nomor secara Otomatis di kolom No. tambahkan rumus tepat di kursor A4 dengan rumus =ROWS($A$4:A4).
Selesai sudah, sekarang input lah data berdasarkan isian masing-masing kolom tersebut. Untuk memudahkan pengerjaan selanjutnya berilah nama table yg telah dibuat tsb dengan cara klik Menu Design dan disebelah kirinya ada tulisan Table Name isi dengan Master.
2. Transaksi Pinjaman.
Setelah table input data selesai dibuat, tahap selanjutnya buat table pinjaman di lembaran lain (sheet2)
Pertama buat lah sebuah judul dengan nama; Transaksi Pinjaman dengan isian kolom meliputi.
No, Tgl Transaksi, kode, Nama, Pinjaman, Tenor, Angs/bulan, Keterangan setelah itu jangan lupa sorot judul kolom pada table tsb ( sperti contoh 1 diatas ) dan beri nama table dengan nama Trans_pinjaman
Dalam table ini kita menggunakan rumus VLookup untuk mencari criteria yang sama pada Kode karyawan sehingga saat kita menginput kode karyawan di kolom kode maka secara otomatis nama karyawan akan muncul dengan sendiri.
Contoh table dan penggunaan rumus dibawah ini.
Pada tahap ini kita akan membuat sebuah table pembayaran atas kelanjutan pinjaman yang sudah dilakukan padabulan sebelumnya. Sebagai contoh gambar dibawah ini.
Tgl Transaksi, Kode, Nama Anggota, Bayar Angsuran, Angsuran ke, Dari, Ket Lain.
Untuk table ini beri nama Byr_pinjaman.
Baca juga; Metode dan Sistem Pencatatan Buku Warung
4. 4. Saldo Angsuran
Saldo Angsuran ini adalah rekapan transaksi pinjaman, pembayaran dan saldo masing-masing karyawan.
Untuk kolom sendiri kita kita isi dengan ;
Kode, Nama Pinjaman, Tenor, Total Bayar, Saldo Pinjaman Saldo Bulan.
Untuk kolom total Bayar kita harus menambah rumus Penjumlahan yaitu (=Sumif (vlookup)) lihat contoh.
Laporan Transaksi Pembayaran adalah kelanjutan dari laporan saldo, namun perbedaanya disini laporan yg kita harapkan lebih rinci/detail atau dalam pemograman berbasis Akuntansi sering dinamakan Laporan Historis.